Tuesday, September 18, 2018

Timeline Pasca Menikah

Kebiasaan orang di dunia maya setelah menikah yang saya perhatikan beragam. Namun, ragamnya ya.. tidak terlalu banyak sih. Apa sajakah itu? Yuk, simak!

Pertama, setelah menikah tentu saja mengganti foto profil, status di media sosial, dan mengunggah beberapa foto pernikahan. Bagusnya, hal ini dapat mengundang banyak doa dan harapan dari para netijen. Aktifitas ini biasanya berlaku pada saat awal-awal pasangan menempuh hidup baru hingga melewati masa bulan madu. Membagi foto-foto saat hanimun memang menyenangkan. Tapi, tolong hargailah para jomblo yang masih berjejer rapi di friendlistmu. Mereka memang akan ikut senang dan turut mendoakan kebahagiaanmu, tapi tidak sedikit juga yang jadinya baper minta dinikahin padahal belum siap lahir batin.

Kedua, setelah menikah sering membagi tulisan, video, ceramah, ayat, hadits, dan sebagainya mengenai nasihat berumah tangga.
Biasanya para Istri sering repost atau share postingan berisi pesan-pesan dan nasihat bijak untuk suami, dengan tidak lupa me-mention nama suami mereka, namun jarang berlaku kebalikannya, para suami jarang yang mau repost atau share nasihat dan pesan buat istri mereka. Kalau pun ada, sedikit sekali. Kenapa? Mungkin karena laki-laki lebih suka bicara langsung daripada mengirim kode-kode di area publik. Lagipula kurang epik rasanya. Bukankah para istri juga lebih baik berpikir sama? Lebih baik bicara langsung saja ke suaminya ketimbang menyampaikan hal itu di media sosial yang bisa dilihat banyak orang. Masalahnya, kita tidak bisa membatasi apa saja yang bisa dipikirkan oleh orang lain saat ikut membacanya.

Ketiga, setelah menikah sering posting, like, atau share foto bayi yang lucu-lucu. Ini mungkin juga kode buat pasangan masing-masing. Sialnya, saya sering dapat pemberitahuan di-mention atau dikirimi foto bayi yang lucu-lucu ini oleh para Bibi dan keluarga besar. Oh, please...

Keempat, setelah menikah tidak ada aktifitas lagi, mati suri atau mati total hingga nggak aktif lagi di media sosial. Banyak kemungkinan. Pasangan jenis ini mungkin terlalu sibuk membangun kehidupan di dunia nyata, jadi tidak punya waktu untuk menyalin aktifitas mereka di dunia lain, dunia maya i mean. Kemungkinan lain, mungkin ganti smartphone, lupa password, jadi, akunnya nggak aktif lagi. Mau bikin lagi, udah males.

Sekian hasil pengamatan saya. Semoga kita dapat lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Media sosial ibarat dunia yang luas tempat kita bisa bertemu dengan banyak orang. Bahkan lebih banyak dari dunia nyata. Di sana kita juga mempunyai rumah. Akun media sosial kita ibarat rumah. Dan rumah yang baik adalah yang memiliki dinding, jendela, dan pintu. Sehingga penghuni di dalamnya tidak kedinginan dan juga tidak kegerahan. Tidak semua aktifitas di dalam rumah kita biarkan terlihat oleh orang-orang di luar rumah. Karena manusia sejatinya harus tetap memiliki rasa malu baik di dunia nyata maupun di dunia maya.

*Wanita biasa yang sedang berusaha menjadi istri yang baik-soleha-perhiasan-dunia. #ahem


No comments: